SELAMAT DAN SEJAHTERA UNTUKMU REPUBLIK

LEMBAGA PRIVATE INTERNET

Foto saya
Bantul, DIY, Indonesia
LPI SBBS DIDIRIKAN OLEH MUTHOFAR HADI, S.Si. PADA TANGGAL 11 AGUSTUS 2009 DENGAN NAMA LEMBAGA PRIVATE INTERNET SEHAT BERINTERNET, BERINTERNET SEHAT DENGAN ALAMAT GERSELO PATALAN JETIS BANTUL DIY KODE POS 55781 email : sbbs.dodi@yahoo.co.id HP 088802720449.

Kamis, 08 Oktober 2009

Hikmah Syawalan

Oleh muthofar - 9 Oktober 2009 - Dibaca 30 Kali di Kompasiana
Hikmah Syawalan di dusun saya Gerselo Patalan Jetis Bantul DIY disampaikan oleh seorang satpam (security). Saya mengetahui dia seorang satpam juga dari ustad itu disaat membuka ceramah syawalan. Syawalan ini adalah tradisi pemuda/pemudi bersyawalan dengan membaca ikrar syawalan dari wakil pemuda/pemudi yang diwakili oleh ketua pemuda sub tengah dan dijawab oleh sesepuh/orang tua yang pada syawalan tahun ini 1430 H diwakili oleh kepala dusun Gerselo. Pelu saya kenalkan disini bahwa dusun Gerselo adalah dusun yang menurut sejarah yang dituturkan oleh sesepuh-sesepuh dusun sebagai dusun yang tidak bisa dimasuki oleh Belanda. Banyak para pejuang kemerdekaan yang berjuang untuk republik dan kedaulatan Yogyakarta di dusun kami. Mereka ada yang sudah meninggal, namun kenangan perjuangan mereka terus membara dihati kami. Kembali kepada acara syawalan, isi dari ceramah syawalan ini pendek hanya satu hadist, namun memiliki arti yang luas, penting dan mendalam. Ustadz menerangkan akan arti syawalan kepada kami, dan setelah itu ustadz mengisahkan satu buah hadist yang berkaitan tentang diterimanya puasa umat islam oleh Allah swt. Kurang lebihnya isi ceramah itu adalah sebagai berikut. semoga bermanfaat. ‘idul fitri artinya adalah kembali fitroh, fitroh artinya suci (seperti bayi yang lahir tanpa dosa). Kenapa bisa fitroh? karena mereka saling maaf memaafkan satu sama lain, dan meningkatkan amal ibadahnya di bulan syawal (syawal artinya meningkat), dengan tidak mengulangi dosa-dosa yang telah lalu (apalagi sudah bermaafmaafan). Dan bagi umat islam ini penting arena disaat umat islam tidak saling maaf memaafkan maka puasanya selama bulan ramadhan tidak diterima Allah swt. Hal ini sesuai dengan hadist nabi Muhammad saw yang menyebutkan bahwa nabi Muhammad saw saat bulan syawal (akan berkhotbah ‘idul fitri) membaca aamiin, aamiin, aamiin, dan diterangkan oleh nabi Muhammad saw bahwa malaikat jibril telah berdoa Ya Allah swt jangan terima puasanya umat islam yang durhaka kepada orang tuanya, Ya Allah swt jangan terima puasanya umat islam wanita yang berani dengan lelakinya, Ya Allah swt jangan terima puasanya umat islam yang tidak memaafkan sesamanya, dan diamiini oleh Nabi Muhammad saw dengan aamiin, aamiin, aamiin. Saya menuliskan hikmah syawalan ini setelah saya membaca sebuah blog yang menceritakan tentang hikmah puasa bagi non muslim yang ditulis oleh Olivia. Saya tidak membaca semua tulisannya namun saya membaca dirinya merasakan penting akan tradisi memaafkan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, menurut dirinya. Tulisan itu kemudian saya berikan komentar yang berisi hikmah syawalan dari ustad yang saya dengarkan saat mengikuti syawalan. Dan memang umat islam perlu lebih mensyukuri akan syawalan, karena memiliki manfaat bagi diri sendiri bahkan umat non islam juga turut merasakannya. Saya termasuk yang tidak ingat akan hadist tersebut, dan saya mengucapkan terimakasih kepada ustadz pengisi ceramah syawalan muda/mudi dusun Gerselo. Karena ustad telah mengingatkan saya dan kami warga dusun Gerselo akan arti penting syawalan beserta hadis dari Rasulullah Muhammad saw. Meskipun sebenarnya kami juga mengharapkan agar untuk diwaktu yang akan datang lebih banyak lagi ilmu bisa disampaikan oleh ustadz. Saya menjadi salah satu yang mengulang-ulang mengingat hadist tersebut hingga saya masih menghafalnya sampai sekarang. Dan pada waktu yang singkat tersebut kami juga bisa menjadikan syawalan kami lebih berarti dan bermanfaat. Kesedihan kami karena pendeknya ceramah bisa terobati dengan tingginya makna hadist yang telah disampaikan. Terimakasih ustadz. VIVA REPUBLIK. Tags: , , , , , Share on Facebook    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONDISI BULAN